Sabtu, 10 Maret 2012

Cerpen 6 :: RINA

oleh : Karsah Mintarsih (SMA)

 ***
Suatu hari , Rina , seorang siswa kelas 3 SMA terlihat pusing mengerjakkan soal latihan UN yang harus ia kerjakkan dan harus dikumpulkan lusa. Rina terkenal dengan pemalasnya ,ia bersikeras untuk memperdalam matematika dalam waktu 2.24 jam. Semangat yang menggebu membuatnya mulai berpikir mendetail tentang segala hal di sekelilingnya .
Saat makan siang . dia mengukur diameter dan luas piring tersebut sambil menghafal rumus-rumus lingkaran dan bola. Mengejutkan ! dalam waktu 2 . 8 jam , kerja keras nya berbuah manis, ia sudah menguasai setengah dari materi yang di UN kan. Dalam waktu selang istirahatnya ia berpikir bahwa matematika itu mengasyikan jika sudah akrab dengan"Nya" . Meluangkan sedikit waktunya untuk memanfaatkan internet mencari makalah-makalah matematika. dan dalam waktu sehari ia sudah menjadi math LoVerz . dalam makalah itu ia membaca sebuah kalimat " NILAI MATEMTIKA AKAN TURUN HANYA KARNA KURANG TIDUR " , dari situlah rina yang dulunya pemalas menjadi disiplin dengan semangat yang tinggi.Sehari sudah berlalu saat nya ia mengumpulkan tugasnya. sebutlah , Ibu Nindya yang merupakan guru math killer dan sangat ditakuti oleh siswa dikelas Rina.


" silahkan kumpulkan tugasnya " kata ibu Nindya
Dengan percaya dirinya Rina mengumpulkan tugasnya paling pertama dan berkata "ini bu !" . semua teman dikelasnya heran dengan perubahan drastis yang terjadi pada Rina.

kemudian Bu Nindya menyuruh Rina untuk menjelaskan 5 soal pada teman-temanya. setelah mendengarkan penjelasan dari Rina , bu Nnindya yang killer menjadi seorang lover . Rina dipersilahkan duduk kembali oleh bu Nindya. Dengan mengejutkan bu Nindya mengatakan sebuah kalimat motivasi " DAN MATEMATIKA BUKAN HANYA SEBUAH TEORI TAPI JUGA APLIKASI. MATEMATIKA BUKANLAH HALL YANG SULIT TAPI KITA SENDIRI YANG MENYULITKAN. IF YOU THINK YOU CAN , YOU CERTAINLY CAN !"

Ibu Nindya meninggalkan kelas, dan siswa dikelas itu terpaku oleh perkataan ibu Nindya. sejak saat itulah rina dan kawan-kawanya lebih berminat pada MATEMATIKA. hanya 2 kaTA yang teman-temanya katakan yaitu " MAKASIH RINA "


END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar