Rabu, 02 Januari 2013

Cerpen 14 :: Bayangkan "MATEMATIKA"

Oleh : Dode Sindu (SMA)

Bayangkan jika kita berangkat sekolah esok hari. Merasa percaya diri terhadap kemampuan kita dalam mengerjakan soal-soal matematika dan mendapat jawaban-jawaban benar.
Bayangkan kita mampu memeriksa jawaban-jawaban kita dan membetulkan kesalahan-kesalahan apapun sebelum guru atau orang lain menyadari kesalahan-kesalahan itu.
Bayangkanlah jika kita mempunyai prestasi. Selalu mendapat nilai "100" atau "A" dalam setiap ujian matematika kita.

Apa pengaruhnya pada harga diri, kepercayaan diri kita? Orang yg mempunyai keunggulan dalam bidang matematika. Menggunakan strategi-strategi lebih baik dari kita semua, sekalipun mereka tidak selalu mempunyai otak yang lebih pintar.Orang menyamakan kecerdasan dengan kemampuan matematis. Dengan kata lain, jika anda mampu mengerjakan perhitungan matematis dengan cepat dalam kepala anda, maka orang akan berpikir bahwa anda juga pintar di bidang lainnya.
Salah satu aturan matematika yang paling penting menurut Elf McBride adalah : "Semakin mudah metode yang kita gunakan untuk menyelesaikan soal, maka semakin cepat kita akan menyelesaikan soal itu dengan sedikit peluang untuk membuat kesalahan."
Ini merupakan sebuah aturan yang curang, tapi aturannya sama saja. Semakin rumit metode yang anda gunakan, semakin lama waktu yang anda habiskan untuk menyelesaikan satu soal dan semakin besar peluang membuat kesalahan. Ini tidak banyak berhubungan dengan kecerdasan atau mempunyai "otak matematis."
"HUT SemangKA IMC ke-2 ^^"
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar